LAPAS KELAS I PALEMBANG GELAR SIDANG TPP

Selasa, 18 Februari 2020
.
Sidang pengusulan Pembebasan Bersyarat bertujuan untuk mengumpulkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menurut pidanya sudah waktunya untuk pengusulan PB. Pengsulan PB sendiri disebutkan dalam Undang Undang Nomor 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan Pasal 14 ayat (1) huruf k. Sedangkan syarat yang harus dipenuhi WBP sebelum mengajukan PB dapat dilihat dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 Tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti, Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.
.
Pagi hari ini, 51 WBP Lapas Kelas I Palembang dipanggil untuk mengikuti Sidang Pengajuan Pembebasan Bersyarat. Ke 51 WBP ini telah memenuhi syarat pengajuan PB sesuai dengan Permen Kemenkumhan No. 3 Tahun 2018.
.
Sidang ini dipimpin oleh Kabid Pembinaan Maulauna Luthfiyanto, Amd.IP, SH selaku ketua Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP). Sidang ini juga diikuti oleh pejabat struktural dari Bidang Adm. Kamtib, Bidang Pembinaan dan Ka. KPLP.
.
WBP dikumpulkan di Aula Lapas Kelas I Palembang dengan tujuan untuk diberikan pengarahan seputar tugas dan tanggung jawab mereka sebagai warga binaan serta diberi wejangan mengenai sikap dan prilaku mereka selama proses pengajuan PB. .
Selain Sidang Pengajuan PB, sidang hari ini juga dirangkaikan dengan pengusulan tamping yang akan ditugaskan di dalam Lapas. Pengusulan tamping sendiri di dasarkan pada beberapa kriteria diantaranya seperti sikap WBP selama 1 tahun menjalani masa pidana, serta bagaimana tanggung jawab WBP tersebut. WBP yang diusulkan menjadi tamping adalah 4 orang diluar dari WBP yang mengikuti pengajuan PB sebanyak 51 orang. Jadi total WBP yang mengikuti sidang TPP pada hari ini adalah 55 WBP.
.
Diharapkan dengan adanya sidang ini, WBP yang telah ditunjuk dapat mempertanggung jawabkan tugas yang telah diberikan kepada mereka.