Lapas klas I Palembang Melaksanakan Pemecahan Rekor Muri Tarian Kolosal Indonesia Bekerja

PALEMBANG — Petugas Pemasyarakatan dan warga binaan pemasyarakatan se-Indonesia berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan rekor dunia, pada Kamis (15/8/2019). Pemecahan rekor untuk kategori tari kolosal tersebut dilakukan oleh 633 lebih lapas dan rutan di seluruh Indonesia secara serentak melalui streaming aplikasi Zoom. Salah satu Lapas yang turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor MURI tersebut adalah lembaga pemasyarakatan klas 1 palembang. Di lapas palembang tersebut, 100 warga binaan turut andil dalam pemecahan rekor.

Petugas Pemasyarakatan dan warga binaan melakukan tarian kolosal dengan musik melalui Video teleconference dari Lapas Kelas 1 Tanggerang sebagai pusat pemecahean rekor. kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian Kemenkumham dalam menyambut HUT ke-74 RI. Pemecahan rekor ini digagas oleh Dirjen Pemasyarakatan dalam menyambut HUT RI dengan melibatkan warga binaan,Kamis (15/8/2019).

Total ada 300.000 lebih warga binaan yang melakukan tari secara serentak. Lagu yang mengiringi tari berjudul Indonesia Bekerja, Indonesia Jaya yang diciptakan oleh Kepala Dirjen Permasyarakatan Sri Pungguh Budi Utami. Koreo tari ini diciptakan oleh Napi LP Perempuan Jakarta, ungkapnya. Selain memecahkan rekor dunia, tarian tersebut dilakukan dalam rangka memberikan pembinaan kepada napi yang ada di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, pemecahan rekor MURI juga sebagai bukti jika semua orang mampu berkarya dan berkontribusi tanpa terhalangi jarak dan keadaan. Buktinya warga binaan bisa mampu berkontribusi memecahkan rekor, padahal mereka ada dalam tahanan. melanjutkan, selain Lapas kelas 1 palembang, tari kolosal yang dilakukan secara live tersebut juga diikuti oleh lapas se-sumatera selatan. (Ahmad)